Skip to main content

Kebahagian menurut Ibn Miskaweh dan Imam Alghazali


 

Kebahagiaan Menurut Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali

Kebahagiaan Menurut Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali

Memahami Konsep Kebahagiaan dalam Filsafat Islam Klasik

Dalam khazanah pemikiran Islam klasik, konsep kebahagiaan (السعادة) menjadi tema sentral yang banyak dibahas oleh para filsuf dan sufi. Dua tokoh penting yang memberikan perspektif mendalam tentang kebahagiaan adalah Ibnu Miskawaih dan Imam Al-Ghazali. Meskipun keduanya hidup dalam tradisi intelektual Islam, pendekatan mereka terhadap kebahagiaan memiliki perbedaan signifikan yang mencerminkan perbedaan orientasi filosofis dan spiritual mereka.

Ibnu Miskawaih: Kebahagiaan sebagai Kesempurnaan Akal

Ibnu Miskawaih (932-1030 M), seorang filsuf dan ahli etika Muslim, memandang kebahagiaan sebagai tujuan tertinggi kehidupan manusia. Dalam karya monumentalnya Tahdzib al-Akhlaq (Penyempurnaan Akhlak), ia menjelaskan bahwa kebahagiaan sejati hanya dapat dicapai melalui penyempurnaan akal dan penguasaan atas nafsu.

"السعادة هي غاية الغايات، وهي كمال النفس الإنسانية بإدراكها للمعارف الإلهية"
"Kebahagiaan adalah tujuan dari segala tujuan, yaitu kesempurnaan jiwa manusia dengan mencapainya melalui pengetahuan ilahi." (Tahdzib al-Akhlaq)

Bagi Miskawaih, kebahagiaan bukanlah sekadar perasaan senang atau kepuasan indrawi, melainkan keadaan jiwa yang telah mencapai kesempurnaan melalui pengetahuan dan kebajikan. Ia membagi jiwa manusia menjadi tiga kekuatan: akal (العقل), nafsu amarah (الغضبية), dan nafsu syahwat (الشهوية). Kebahagiaan tercapai ketika akal berhasil mengendalikan kedua nafsu lainnya.

Unsur-unsur Kebahagiaan Menurut Miskawaih:

  • Kesempurnaan akal - kemampuan untuk membedakan yang benar dan salah
  • Keseimbangan jiwa - pengendalian nafsu amarah dan syahwat
  • Pengetahuan teoritis - pemahaman tentang hakikat realitas
  • Kebajikan praktis - penerapan pengetahuan dalam tindakan sehari-hari

Imam Al-Ghazali: Kebahagiaan sebagai Kedekatan dengan Tuhan

Imam Al-Ghazali (1058-1111 M), yang dikenal sebagai Hujjatul Islam, memiliki pendekatan yang lebih sufistik terhadap kebahagiaan. Dalam karyanya Ihya Ulum al-Din (Menghidupkan Kembali Ilmu-ilmu Agama), Al-Ghazali menekankan bahwa kebahagiaan sejati hanya dapat ditemukan dalam kedekatan dengan Allah SWT.

"حقيقة السعادة هي في معرفة الله تعالى ومحبته والأنس به والاشتغال بذكره"
"Hakikat kebahagiaan adalah dalam mengenal Allah Ta'ala, mencintai-Nya, merasa tenang dengan-Nya, dan menyibukkan diri dengan mengingat-Nya." (Ihya Ulum al-Din)

Bagi Al-Ghazali, kebahagiaan duniawi bersifat sementara dan menipu. Kebahagiaan abadi hanya dapat dicapai di akhirat melalui penyucian jiwa (تزكية النفس) dari sifat-sifat tercela dan penghiasannya dengan sifat-sifat terpuji. Proses ini memerlukan perjuangan spiritual (مجاهدة النفس) yang terus-menerus.

Tahapan Menuju Kebahagiaan Menurut Al-Ghazali:

  • Penyucian jiwa (تزكية النفس) - membersihkan hati dari penyakit spiritual
  • Pendekatan kepada Tuhan (التقرب إلى الله) - melalui ibadah dan zikir
  • Pencerahan spiritual (الكشف) - pengalaman langsung tentang realitas ilahi
  • Penyatuan dengan kehendak Ilahi - menerima takdir dengan kerelaan

Perbandingan dan Perbedaan Pandangan

Aspek Ibnu Miskawaih Imam Al-Ghazali
Pendekatan Filosofis-etis Sufistik-spiritual
Sumber Kebahagiaan Kesempurnaan akal dan kebajikan Kedekatan dengan Tuhan dan penyucian jiwa
Peran Akal Sentral - sebagai pemimpin jiwa Penting tetapi terbatas - perlu dilengkapi dengan hati (قلب)
Kebahagiaan Dunia Dapat dicapai melalui kehidupan yang teratur dan bijaksana Bersifat sementara dan tidak sejati
Metode Pencapaian Pendidikan moral dan pengendalian diri Ibadah, zikir, dan mujahadah an-nafs

Kesamaan Pandangan

Meskipun memiliki perbedaan pendekatan, kedua pemikir ini sepakat bahwa:

  • Kebahagiaan sejati bersifat spiritual dan abadi
  • Kebahagiaan memerlukan upaya aktif dari manusia
  • Jiwa manusia perlu disempurnakan melalui proses tertentu
  • Kebahagiaan berkaitan erat dengan pengetahuan tentang hakikat realitas

Perbedaan Mendasar

Perbedaan utama antara pandangan Miskawaih dan Al-Ghazali terletak pada penekanan mereka:

  • Miskawaih menekankan kesempurnaan rasional sebagai jalan menuju kebahagiaan, sementara Al-Ghazali menekankan pengalaman spiritual langsung.
  • Miskawaih melihat kebahagiaan sebagai hasil dari pengembangan potensi manusia, sedangkan Al-Ghazali melihatnya sebagai karunia ilahi yang diberikan kepada hamba yang dekat dengan-Nya.
  • Dalam epistemologi, Miskawaih mengandalkan akal dan filsafat, sementara Al-Ghazali mengutamakan intuisi spiritual (kasyf) setelah melewati batas-batas rasio.

Kutipan Penting Lainnya

"إن السعادة الحقيقية هي في استعمال الفضائل كلها، لا في استعمال فضيلة واحدة"
"Sesungguhnya kebahagiaan sejati terletak pada penerapan semua kebajikan, bukan hanya satu kebajikan saja." (Ibnu Miskawaih, Tahdzib al-Akhlaq)
"من عرف نفسه فقد عرف ربه، ومن عرف ربه سعد في الدارين"
"Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia telah mengenal Tuhannya, dan barangsiapa mengenal Tuhannya, maka ia akan berbahagia di kedua negeri (dunia dan akhirat)." (Al-Ghazali, Ihya Ulum al-Din)

Relevansi untuk Kehidupan Modern

Pemikiran kedua tokoh ini tetap relevan dalam konteks kehidupan modern. Dari Miskawaih, kita belajar pentingnya pengembangan karakter melalui pendidikan moral dan pengendalian diri. Sementara dari Al-Ghazali, kita diingatkan bahwa kebahagiaan materialistik semata tidak akan pernah memuaskan jiwa manusia yang mendambakan makna dan hubungan dengan Yang Transenden.

Dalam dunia yang semakin materialistik dan individualistik, integrasi antara pendekatan rasional Miskawaih dan spiritual Al-Ghazali dapat memberikan panduan yang holistik untuk mencapai kebahagiaan sejati yang melampaui kepuasan sesaat.

© 2023 Blog Filsafat Islam. Semua hak dilindungi.

Ditulis untuk tujuan edukasi dan pengembangan spiritual.

Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN ANTARA PENILAIAN PROGRAM PENDIDIKAN, PROSES BELAJAR MENGAJAR, DAN HASIL BELAJAR.

Dalam penilaian Pendidikan, mencangkup tiga sasaran utama yakni penilaian program pendidikan, penilaian proses belajar mengajar   dan penilaian hasil-hasil belajar. Keberhasilan pengajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa, tetapi juga dari segi prosesnya. Hasil belajar pada dasarnya merupakan akibat dari suatu proses belajar. Ini berarti optimalnya hasil belajar siswa tergantung pula pada proses belajar siswadan proses mengajar guru. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penilaian terhadap proses belajar-mengajar. Penilaian proses merupakan penilaian yang menitikberatkan sasaran penilaian pada tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. Penilaian proses belajar mengajar menyangkut penilaian terhadap kegiatan guru, kegiatan siswa, pola interaksi guru-siswa dan keterlaksanaan proses belajar mengajar.

Contoh Format Instrumen untuk menilai sikap disiplin

a.       Instrumen untuk menilai disiplin Sikap disiplin adalah tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan taat pada berbagai ketentuan dan peraturan baik yang berlaku dalam ruang kelas ataupun di luar ruang kelas. Sikap disiplin dalam proses pembelajaran dikelas dapat ditunjukan dengan datang tepat waktu, memperhatikan penjelasan dan pendapat guru maupun teman, dan mengikuti kegiatan dengan tertib. Indicator sikap disiplin adalah sebagai berikut: ·          Datang tepat waktu ·          Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah ·          Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai   dengan waktu yang ditentukan ·          Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

Cerita Bagus dari Kitab Uquudu Lujain Fii Bayaani Huquuzzaujaini

Di baghdad ada seorang laki laki menikah dengan anak puteri pamannya sendiri. Dalam pernikahan itu ia berjanji tidak akan menikah lagi dengan wanita lain. Suatu hari ada seorang perempuan datang (belanja) ke tokonya. Ia meminta lelaki itu untuk menikahi dirinya. Lelaki itupun bercerita apaadanya, bahwa dia telah mengikat janji dengan  istrinya (anak pamannya)untuk tidak akan kawin lagi dengan wanita lain.