Skip to main content

Yogurt/الزبادي

الزبادي، اللبن. اللبن الزبادي أحد منتجات الألبان، التي تُصَنَّع من الحليب. ويُعَدُّ الزَّبادي من الأطعمة المحبوبة في أجزاء كثيرة من العالم. وقد تناول الناس في إيران، وتركيا، وبعض دول الشرق الأوسط الأخرى الزبادي منذ آلاف السنين.


يُصَنَّع الزبادي من حليب الجاموس والأبقار والماعز، أو الحيوانات الأخرى المجترة.

ويُصَنَّع الزّبادي التّجاري في العادة من حليب الأبقار، وقليل منه على نحو مشترك من حليب الأغنام والماعز. ويُضيف صناع الزبادي نوعين من البكتيريا إلى الحليب لصنع الزبادي. 

وتُسمّى هذه البكتيريا بمسميات متعددة، منها الملينة البلغارية والعقدية اللعابية. وتضاف هذه البكتيريا بعناية ثم تُضبط درجة الحرارة حتى يتمّ النضج. وتُغَيِّر البكتيريا اللاكتور؛ أي سكر الحليب إلى حمض اللاكتيك أو حمض اللبنيك، وذلك أثناء عملية التخمُّر. 

ويتسبّب حمض اللبنيك في تحويل الحليب من سائل إلى سائل ثخين (غليظ) مُكَوِّنًا الزبادي. وتُعطي محتويات الزّبادي من الحمض طعمًا لاذعًا يستمتع به كثير من الناس.

وعلى أيّة حال، فهناك آخرون يفضلون تحلية الزبادي بطعم الفواكه.

ويحتوي الزبادي على العناصر الغذائية الموجودة في الحليب. وهناك أنواع أخرى من الزَّبادي ليس لها طعم، وتحتوي فقط على سعرات حرارية قليلة وذات كمية محددة، ولذلك، فهي ميسرة للوجبات الغذائية منخفضة السّعرات الحرارية.

ويصنع بعض الناس الزبادي بالمنزل. فهم يستخدمون الزّبادي التجاري أو البكتيريا من معامل خاصّة لبدء عملية التخمُّر. وتقوم عدة شركات بصناعة آلات صنع الزبادي للاستخدام المنزلي.

الموسوعة العربية العالمية

Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN ANTARA PENILAIAN PROGRAM PENDIDIKAN, PROSES BELAJAR MENGAJAR, DAN HASIL BELAJAR.

Dalam penilaian Pendidikan, mencangkup tiga sasaran utama yakni penilaian program pendidikan, penilaian proses belajar mengajar   dan penilaian hasil-hasil belajar. Keberhasilan pengajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa, tetapi juga dari segi prosesnya. Hasil belajar pada dasarnya merupakan akibat dari suatu proses belajar. Ini berarti optimalnya hasil belajar siswa tergantung pula pada proses belajar siswadan proses mengajar guru. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penilaian terhadap proses belajar-mengajar. Penilaian proses merupakan penilaian yang menitikberatkan sasaran penilaian pada tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. Penilaian proses belajar mengajar menyangkut penilaian terhadap kegiatan guru, kegiatan siswa, pola interaksi guru-siswa dan keterlaksanaan proses belajar mengajar.

Bacaan Sebelum Shalat Witir

ü     اوتروا ومجدوا وعظموا شهر الصيام رحمكم الله @ لا إله إلا الله ، وحده لا شريك له ، له الملك ، وله الحمد ، يحيي ويميت،  وهو على كل شيء قدير.... ü     اللهم صل على سيدنا محمد @ صلى الله عليه وسلم. ü     اللهم صل على سيدنا ونبينا وحبيبينا وشفيعنا وذخرنا ومولانا محمد @ صلى الله عليه وسلم.

Cerita Bagus dari Kitab Uquudu Lujain Fii Bayaani Huquuzzaujaini

Di baghdad ada seorang laki laki menikah dengan anak puteri pamannya sendiri. Dalam pernikahan itu ia berjanji tidak akan menikah lagi dengan wanita lain. Suatu hari ada seorang perempuan datang (belanja) ke tokonya. Ia meminta lelaki itu untuk menikahi dirinya. Lelaki itupun bercerita apaadanya, bahwa dia telah mengikat janji dengan  istrinya (anak pamannya)untuk tidak akan kawin lagi dengan wanita lain.