Skip to main content

Teknik menuntut ilmu, sangat penting Pemula

 

Metode Belajar Cepat ala Zarnuji

Cara Belajar Cepat Menurut Zarnuji

Imam Zarnuji dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim menjelaskan metode pembelajaran efektif yang relevan hingga kini. Berikut prinsip utama beliau:

1. Niat yang Benar

  • Murnikan niat untuk mencari ilmu
  • Hindari niat untuk pamer atau debat
  • Tetapkan tujuan mencari ridha Allah

2. Konsistensi dan Disiplin

  • Buat jadwal belajar rutin
  • Alokasikan waktu khusus untuk mengulang
  • Jaga komitmen meski mood berubah

3. Pemilihan Lingkungan

  • Cari tempat tenang dan nyaman
  • Hindari gangguan visual dan suara
  • Pilih teman belajar yang serius

4. Adab terhadap Ilmu

  • Hormati guru dan sumber ilmu
  • Jaga etika dalam diskusi
  • Bersikap rendah hati dalam belajar

5. Metode Pengulangan

  1. Baca sekilas materi secara global
  2. Pelajari bagian demi bagian
  3. Ulangi dengan interval waktu tertentu
  4. Ajarkan kembali ke orang lain

6. Pemahaman Konseptual

  • Fokus pada pemahaman inti materi
  • Buat peta konsep atau diagram
  • Hubungkan dengan pengetahuan sebelumnya

7. Manajemen Waktu

  • Prioritaskan materi penting
  • Gunakan teknik pomodoro (25 menit fokus + 5 menit istirahat)
  • Alokasikan waktu istirahat cukup

8. Makanan dan Kesehatan

  • Hindari makan berlebihan sebelum belajar
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Jaga kebugaran fisik

9. Doa dan Spiritualitas

  • Awali dengan doa
  • Baca ayat-ayat penguatan hafalan
  • Pertahankan hubungan dengan Sang Pencipta

10. Praktik Langsung

  • Segera aplikasikan ilmu yang dipelajari
  • Lakukan eksperimen atau percobaan
  • Diskusikan dengan ahli bidangnya

Kesimpulan:

Metode Zarnuji menekankan keseimbangan antara:
- Kecerdasan intelektual
- Kesehatan fisik
- Kesehatan spiritual
- Etika sosial

Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN ANTARA PENILAIAN PROGRAM PENDIDIKAN, PROSES BELAJAR MENGAJAR, DAN HASIL BELAJAR.

Dalam penilaian Pendidikan, mencangkup tiga sasaran utama yakni penilaian program pendidikan, penilaian proses belajar mengajar   dan penilaian hasil-hasil belajar. Keberhasilan pengajaran tidak hanya dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa, tetapi juga dari segi prosesnya. Hasil belajar pada dasarnya merupakan akibat dari suatu proses belajar. Ini berarti optimalnya hasil belajar siswa tergantung pula pada proses belajar siswadan proses mengajar guru. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penilaian terhadap proses belajar-mengajar. Penilaian proses merupakan penilaian yang menitikberatkan sasaran penilaian pada tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. Penilaian proses belajar mengajar menyangkut penilaian terhadap kegiatan guru, kegiatan siswa, pola interaksi guru-siswa dan keterlaksanaan proses belajar mengajar.

Bacaan Sebelum Shalat Witir

ü     اوتروا ومجدوا وعظموا شهر الصيام رحمكم الله @ لا إله إلا الله ، وحده لا شريك له ، له الملك ، وله الحمد ، يحيي ويميت،  وهو على كل شيء قدير.... ü     اللهم صل على سيدنا محمد @ صلى الله عليه وسلم. ü     اللهم صل على سيدنا ونبينا وحبيبينا وشفيعنا وذخرنا ومولانا محمد @ صلى الله عليه وسلم.

Cerita Bagus dari Kitab Uquudu Lujain Fii Bayaani Huquuzzaujaini

Di baghdad ada seorang laki laki menikah dengan anak puteri pamannya sendiri. Dalam pernikahan itu ia berjanji tidak akan menikah lagi dengan wanita lain. Suatu hari ada seorang perempuan datang (belanja) ke tokonya. Ia meminta lelaki itu untuk menikahi dirinya. Lelaki itupun bercerita apaadanya, bahwa dia telah mengikat janji dengan  istrinya (anak pamannya)untuk tidak akan kawin lagi dengan wanita lain.