Pages

Monday, November 14, 2016

TAFSIR SURAT AL-MAIDAH AYAT 51




النكت والعيون (1/ 367،)

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى أَوْلِيَاءَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ
{ وَمَن يَتَوَلَّهُمْ مِّنْكُمْ فِإِنَّهُ مِنْهُم } يحتمل وجهين :
أحدهما : موالاتهم في العهد فإنه منهم في مخالفة الأمر .
والثاني : موالاتهم في الدين فإنه منهم في حكم الكفر ، وهذا قول ابن عباس .[1]
Apa hukum menjadikan orang kafir sebagai pemimpin?
Jawab:
Makna أَوْلِيَاءَ lebih luas dari sekedar menafsirkan sebagai pemimpin atau teman setia. Ini dapat dilihat dari kalimat selanjutnya yaitu وَمَن يَتَوَلَّهُمْ مِّنْكُمْ فِإِنَّهُ مِنْهُم. Jadi bacalah kitab tafsir!
Konsekuensi/akibat orang yang menjadikan kafir sebagai أَوْلِيَاءَ adalah:
1. Bila kita mengangkat mereka (kafir) sebagai pemimpin/pejabat/sebagai atasan, sebagai gubernur, sebagai presiden kita, sebagai administratos kita, pokoknya urusan yang tidak berkaitan dengan agama, maka kita menyalahi perintah agama, dalam artian haram hukumnya.
2. Bila menjadikan mereka(kafir) sebagai orang yang memimpin/mengurusi urusan keagamaan/hukum agama. Sebagai menteri agama, sebagai qadhi keagamaan, dll,  Maka orang tersebut bahagian dari orang kafir dari segi kekufuran.
Untuk mengetahui arah makna dan penafsiran kalimat sebelumnya, anda harus tau tafsir dan kalimat setelahnya, jangan lansung dipotong
Dalam kitab Tafsir Ar-Razi makna أولياء  dalam ayat adalah:
تفسير الرازي
ومعنى لا تتخذوهم أولياء : أي لا تعتمدوا على الاستنصار بهم ، ولا تتوددوا إليهم .
Maksudnya:
1. Jangan kamu berpegang pada orang kafir dengan menjadikan mereka penolong dalam urusan kita.
2. Jangan kamu beramah-tamah dengan orang kafir
Menjadikan teman setia aja tidak boleh, apalagi sebagai pemimpin.

Tafsir surat al-maidah ayat 51 Menurut Tafsir Khazen
تفسير الخازن (2/ 296)
{ يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا اليهود والنصارى أولياء } فنهى الله المؤمنين جميعاً أن يتخذوا اليهود والنصارى أنصاراً وأعواناً على أهل الإيمان بالله ورسوله وأخبر أنه من اتخذهم أنصاراً وأعواناً وخلفاء من دون الله ورسوله والمؤمنين فإنه منهم وإن الله ورسوله والمؤمنين منه براء { بعضهم أولياء بعض } يعني أن بعض اليهود أنصار لبعض على المؤمنين وأن النصارى كذلك يد واحدة على من خالفهم فى دينهم وملتهم { ومن يتولهم منكم فإنه منهم } يعني ومن يتولَّ اليهود والنصارى دون المؤمنين فينصرهم على المؤمنين فهو من أهل دينهم وملتهم لأنه لا يتولى مولى إلا وهو راض به وبدينه وإذا رضيه ورضى دينه صار منهم وهذا تعليم من الله تعالى وتشديد عظيم في مجانبة اليهود والنصارى وكل من خالف دين الإسلام
Allah melarang kita semua untuk menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai penolong dan pemimpin kita.
Konsekuensi orang yang menjadikan kafir sebagai pemimpin dalam urusan kaum muslim, sebagai yang mengurusi perkara kita, baik sebagai pemimpin, sebagai pengawas, sebagai atasan dan lainnya maka akan menjadikannya membantu mereka (kafir), dengan demikian ia sudah menjadi bahagian dari orang mereka (kafir). Karena ia rela dengan mereka (kafir), ia rela dengan keyakinan mereka (kafir). Dan apabila ia rela dengan mereka(kafir) dan agama mereka. Maka Allah menganggap ia bahagian dari mereka (kafir).

تفسير الألوسي (5/ 15)
{ لاَ تَتَّخِذُواْ اليهود والنصارى أَوْلِيَاء } فإن تذكير اتصافهم بضد صفات الفريقين من أقوى الزواجر عن مولاتهما أي لا يتخذ أحد منكم أحداً منهم ولياً بمعنى لا تصافوهم مصافاة الأحباب ولا تستنصروهم .
Menurut Tafsir Al-Alusi tentang surat al-maidah ayat 51 bahwa:
menjadikan orang kafir sebagai أَوْلِيَاء adalah fasik tertinggi dari semua perbuatan fasik.




[1] Baca kitab Tafsir mawaridi dan kitab Zadu Masir

No comments:

Post a Comment